Skip to main content

Trik Efektif Mengatur Waktu: Cara Cerdas Maksimalkan Produktivitas Harian

Tips Memberikan Servis Bisnis Yang Terbaik

Produk bagus saja tidak menjamin kesuksesan berbisnis. Pelayanan yang memuaskan juga memegang peranan penting, sehingga bisa membuat pelanggan datang dan datang lagi.Namun pelayanan yang begus ‘saja’, juga belum cukup untuk membuat roda bisnis terus berputar. Produk boleh sama, tapi harga bisa berbeda. Faktor yang membedakan harga, salah satunya adalah servis. Apa yang membikin nasi goreng resto lebih mahal dibanding nasi goring tektek? Padahal, bumbunya sama, rasanya kurang lebih juga sama, bahkan kenyangnya pun sama.

Bedanya adalah dalam hal penyajiannya. Nasi goreng tektek disajikan secara seadanya dalam suasana yang alakadarnya. Sedangkan nasi goreng resto disajikan dengan hiasan pendukung (mentimun, daun kemangi, tomat) yang lebih cantik piring-sendok bersih berkilau. Pelayannya pun ramah dan bayarnya bisa ‘ngutang’ dengan kartu kredit. Kasus serupa adalah mengapa harga barang-barang di toko-toko waralaba (indomart, alfamart), berbeda dengan harga barang-barang serupa di pasar.

Karena di toko waralaba, selain tempatnya bersih, Anda juga dimanjakan dengan AC dan alunan musik yang membuat Anda merasa nyaman dan betah saat berbelanja. Sedangkan di pasar, Anda hanya menemukan suasana yang penuh sesak, suasana yang kurang bersih dan teratur, serta gerah saat berbalanja.

Kesimpulannya, faktor yang membedakan kedua contoh kasus di atas adalah servis. Bisa dikatakan, servis yang baik dan memuaskan menjadi ‘senjata’ utama untuk mendatangkan laba. Bahkan, bisa sekaligus mempromosikan bisnis Anda secara gratis. Lalu, servis bisnis yang seperti apa, yang mampu membikin pelanggan datang secara berkelanjutan, sehingga laba bisnis Anda terus meningkat? Berikut ini akan diuraikan 8 tips servis terbaik bagi pelanggan atau beberapa pakar sering menyebutnya sebagai 8 bites of service, namun saya sering menyebutnya sebagai 8+ bites of service, apapun bentuk usaha Anda:

1. Access. Pelanggan akan dengan mudah menyebut bahwa pelayanan bisnis Anda bagus, kalau ia memiliki kemudahan dalam mengajukan keluhan. Bisa melalui telepon. SMS, atau kotak saran. Pastikan sarana ini tersedia dan terpantau.

2. Responsiveness. Wadah untuk mengajukan keluhan sudah tersedia, tetapi keluhan pelanggan tak pernah ditanggapi. Padahal janjinya akan segera ditindaklanjuti. Kotak saran jangan dibiarkan berdebu, karena lama tak dibuka. Jangan anggap sepele kotak saran atau SMS dari pelanggan tersebut. Kalau dibiarkan saja, pelanggan bisa saja kemudian menulis di Koran, dan akibatnya seluruh negeri jadi tahu ‘aib’ perusahaan Anda. Dan hal ini merupakan black campaign yang sangat merugikan Anda.

3. Competency. Sikap pelanggan bisa berbeda-beda, jika meraka merasa tidak puas. Ada yang hanya diam, lalu tak pernah kembali. Ada pula yang melakukan complain, sambil berteriak, “Saya ingin bicara dengan manajermu saja!” Semua itu bisa terjadi jika front liner tidak memiliki kemampuan untuk memberikan solusi di lapangan, bahkan mungkin tidak memiliki product knowledge yang cukup. Jadi, para front liner ini, harus pintar dan berkompeten dalam bidangnya.

4. Courtesy. Bagaimanapun, menyapa pelanggan dengan senyum harus dikedepankan. Salam pembuka, menggunakan three-magic-words, seperti “Selamat Pagi, Pak” atau “Selamat Siang, Bu” menjadi kewajiban yang harus disampaikan kepada pelanggan untuk menyambutnya. Keramahan ini akan membuat pelanggan merasa dihargai. Jika pelangan marah, tetapi disuguhi dengan senyum, kemungkinan besar emosinya bisa turun.

5. Reliability. Menepati janji adalah sebuah keharusan. Front liner yang sopan, tetapi makanan yang katanya akan diantar dalam 10 menit, ternyata sudah 20 menit, belum juga terhidang. Atau, Anda menjual barang elektronik dengan harga terjangkau, tapi suku cadangnya sulit diperoleh.

6. Speed. Di era sibuk seperti saat ini, pelanggan tak boleh dibiarkan menunggu atau antre terlalu lama. Ketika pelanggan meminta bon tagihan, pegawai Anda harus segera bergerak. Jangan sampai membuatnya memanggil pegawai yang lain, hanya untuk diabaikan lagi dengan alasan toko sedang ramai pengunjung.

7. Security. Pelanggan harus merasa aman dan nyaman. Barang yang tertinggal, dompet misalnya, sebaiknya Anda kirimkan. Kalau tidak tercantung alamat, simpanlah sampaia pelanggan itu datang kembali. Tak hanya soal barang, faktor keamanan disini juga berarti bahwa Anda harus mampu menjaga kerahasiaan data pelanggan. Untuk, bisnis tertentu, kadang pelanggan membutuhkan kerahasiaan untuk menjaga privasinya.

8. Tangible. Katanya, omzet bisnis Anda mencapi 1 milyar per bulan. Tetapi, mengapa bangunan tempat Anda berbisnis dibiarkan tidak terawat? Penampilan para front liner juga tak meyakinkan. Kala demikian halnya, bagaimana pelanggan akan percaya bahwa perusahaan Anda dapat dipercaya (bonafide)?

9. Professional. Pelanggan tidak pernah bertanya mengenai berapa besar asset perusahaan Anda, atau berapa biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membangun gedung kantor yang megah. Pelanggan tak mau tahu urusan itu. Pokoknya, mereka akan selalu menuntut diperlakukan dengan baik. Itu saja. Jadi, serumit apapun permasalahan pribadi Anda, Anda harus bisa selalu bersikap professional dengan memisahkan antara urusan pribadi dan urusan perusahaan.

Popular posts from this blog

Forum Kecantikan: Membuat Ramuan Tradisional

Tampil cantik adalah dambaan setiap wanita dan salon adalah solusi praktis bagi mereka yang punya uang lebih. Namun, bagaimana jika Anda hanya memiliki uang pas-pas. Jangankan untuk pergi salon, untuk pergi ke pasar membeli kebutuhan pokok saja, masih ngutang. Nah, dalam forum kecantikan ini, saya akan mengupas cara tampil cantik namun tidak menguras keuangan Anda. Semua bisa kembali ke alam, back to nature. Alam sudah menyediakan segalanya untuk kita manfaatkan. Asal kita mau melirik apa yang ada di sekitar kita maka alam akan memberikan solusi yang terbaik. Inilah forum kecantikan yang Anda cari. Cara tampil cantik dengan cara yang unik dan antik. Cara membuat wajah berseri Setiap wanita senantiasa mendambakan wajahnya cantik dan berseri. Inilah salah resep tradisional nenek moyang yang bisa membuat wajah Anda cantik dan berseri. Ambil sebanyak mungkin bunga srigading yang sudah mekar. Kumpulkan lalu dijemur di terik matahari hingga kering. Setelah kering, simpan di topl...

[cara membuat] - Our Favorite Management Tips of 2021

These are 15 Images about Our Favorite Management Tips of 2021 Our Favorite Management Tips of 2021 Download Essential Tips for Becoming an Elite Freight Agent Download 14,553 Helpful Tips Stock Photos and Images - 123RF Download Edition 2 u2013 Tip of the week - 22 tips to improve your House Download MetDaan Tips - Home Facebook Download Five tips for marketing your small business in 2019 Download Essential Tips for Becoming an Elite Freight Agent Download Team Training, Life Changing: Instructor Tips u0026 Tricks from F45 Download How much to tip at restaurants? The COVID-19 era causes confusion. Download 15 E-learning Tips to Design Effective E-learning Courses Download Transitioning to Distance Learning: Three Tips for Teachers Download TIPS - Home Facebook Download 846 Tips And Tricks Icon Stock Photos, Pictures u0026 Royalty-Free Download Treasury Inflation-Protected Securities (TIPS) Download Teaching Innovation and Pedagogical Support Download

[cara membuat] - 215,564 Tips Stock Photos and Images - 123RF

These are 15 Images about 215,564 Tips Stock Photos and Images - 123RF 215,564 Tips Stock Photos and Images - 123RF Download Science says these bizarre health tips really work Download 5 Essential Accessibility Hints for Your Business - RightHear Download Tips and Topics Download Tips Tricks Icon Images, Stock Photos u0026 Vectors Shutterstock Download TIPS - Home Facebook Download Tip Pooling: How To Split u0026 Divide Tips for Restaurants Download Tips For Selling Print On Demand Products - Cloud Printing Solution Download Transjugular intrahepatic portosystemic shunt (TIPS) u2013 CIRSE Download Tips for cycling in the heat Van Raam Download 14 Productivity Tips From Successful Business Leaders Hive Download 846 Tips And Tricks Icon Stock Photos, Pictures u0026 Royalty-Free Download Wealth Coach Chinkee Tan Imparts Wais/Tipid Tips In The u0027New Download Team Training, Life Changing: Instructor Tips u0026 Tricks from F45 Download Coronavirus and mental health tips Mental Healt...