Skip to main content

[cara membuat] - Cara Membuat File PDF di HP, Cek Langkahnya di Sini kumparan.com

Tip Puasa Ketika Hamil

Puasa adalah kegiatan wajib yang dijalankan umat Islam dan apabila tidak melaksanakannya akan merasakan penyesalan yang sangat karena di dalam pelaksanaan ibadah puasa terdapat banyak hal yang memberikan kita keuntungan. Ibu hamil tentunya dalam menjalankan puasa akan sangat berbeda ketika tidak sedang hamil, diperlukan kiat-kiat khusus agar puasa yang sedang dijalankan benar-benar menjadi sebuah ibadah nan barokah dan juga tetap menjadikan kandungan yang sedang dijalani senantiasa sehat. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh ibu hamil selama berpuasa:

Saat Berpuasa

- Jalani puasa dengan niat dan tekad yang bulat dan ikhlas agar hari-hari berpuasa terasa ringan dan membahagiakan meski sedang hamil.

- Cukup istirahat. Bila memungkinkan sediakan lebih dari porsi istirahat sebelumnya.

- Kurangi porsi aktivitas yang membutuhkan energi ekstra, misalnya aktivitas di lapangan atau pikiran yang berat-berat. Sedapat mungkin hindari stres dan
buang jauh kebiasaan/dorongan untuk marah.

- Segera batalkan puasa jika ibu hamil mengalami:

a. Muntah-muntah lebih dari 3 kali yang dikhawatirkan menyebabkan terjadinya dehidrasi.
b. Mengalami diare yang diikuti rasa mulas dan melilit
c. Mimisan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah pertanda kondisi tubuh sudah tidak stabil
d. Lemas, pusing diikuti dengan mata yang berkunang-kunang pertanda hipoglikemia dikhawatirkan janin mengalami kekurangan gizi.
e. Mengalami keringat berlebih khususnya keringat dingin pertanda bahwa tubuh bahwa kondisi fisik ibu hamil sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa

Sahurlah dengan makanan yang porsinya 2 kali lipat daripada porsi ketika sebelum anda hamil. Kenapa? Karena anda memberi makan dua individu, anda dan bayi anda.

Sahur dan berbukalah dengan sayur dan buah. Saya sudah membandingkan ketika sahur dan buka tanpa sayur atau dengan sayur. Tubuh lebih terasa memiliki tenaga lebih setelah mengkonsumsi sayur dan buah. Sayur biasanya saya konsumsi ketika sahur dan buka, dan buah akan saya lahap banyak setelah terawih.

Makanlah tetap 3x antara buka puasa dan sahur. Apa tidak kekenyangan? Saya rasa tidak. Ingat, ibu hamil dan menyusui membagi makanannya dengan bayinya sehingga cepat merasa lapar. Pola makan yang saya terapkan adalah makan ketika berbuka, makan satu jam sebelum tidur, dan makan ketika sahur. Kalau saya sedang tidak ingin makan nasi, sebelum tidur biasanya saya ganti dengan sereal atau roti.

Banyak minum air putih ketika berbuka puasa. Karena saya orang yang mudah sekali 'merasa kurang minum', saya sempatkan satu jam sekali minum air putih satu gelas. Bahkan supaya saya tidak lupa, saya sampai meminta tolong suami untuk mengingatkan jadwal minum saya. Karena saya sadar betul bahwa air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Bahkan bagi ibu hamil, akan membantu dalam pencapaian jumlah air ketuban yang cukup untuk proses melahirkan (ini kata dokter saya dulu).

Istirahat yang cukup. Jangan terlena dengan acara ramadhan yang semakin beragam. Bagi ibu hamil, istirahat berguna untuk menjaga kebugaran tubuh dan memberikan tenaga ketika beraktifitas. Sedangkan untuk ibu menyusui, istirahat membuat tubuh kembali bugar (terutama setelah terbangunterus malam hari untuk menyusui dan setelah menjaga si kecil seharian) dan membantu memperlancar produksi ASI.

Konsumsi vitamin bagi ibu hamil dan suplemen bagi ibu menyusui. Vitamin yang diberikan ke ibu hamil disesuaikan dengan perkembangan janin sehingga insyaAllah tidak akan mubazir. Sedangkan mengkonsumsi suplemen bagi ibu menyusui kegunaannya adalah membantu menjaga energi tubuh yang nantinya digunakan untuk mengasuh si kecil yang mulai aktif. Tetapi, suplemen ini sifatnya tidak harus selalu dikonsumsi. Saya biasanya mengkonsumsi ketika saya merasa butuh tambahan energi untuk hari saya dengan jadwal padat dan saya mengkonsumsinya ketika sahur. Ingat, anda bisa lho mengukur kebutuhan gizi tubuh anda. Bagi saya, konsumsi suplemen bisa tidak dilakukan jika saya sudah merasa asupan gizi saya cukup.

Olah raga. Tetaplah menjalankan rutinitas anda berolah raga. Hanya saja, jangan terlalu berat sehingga membuat anda mudah haus. Ketika berpuasa, saya tetap berolahraga dua kali seminggu, yaitu mengikuti senam yang diadakan ibu-ibu di perumahan saya. Itupun hanya setengah jam untuk sekali senam. Ketika saya hamil dulu, sebelum buka puasa saya usahakan untuk berjalan kaki keliling kompleks perumahan sambil mencari cemilan utnuk buka puasa.

Berfikirlah positif dan yakin bahwa anda bisa melalui puasa Ramadhan meskipun dalam kondisi hamil atau menyusui. Bagi saya, dua kondisi ini memang berat untuk berpuasa. Apalagi rasa lapar yang harus saya tahan setelah bayi saya menyusu. Tapi, kalau pikiran tidak dipaksa untuk berfikir positif, wah, puasa saya sudah jebol dari hari pertama. Apalagi ditambah cuaca yang panas di kota saya. Sungguh, godaan minum es yang manis itu besar sekali.

Popular posts from this blog

Forum Kecantikan: Membuat Ramuan Tradisional

Tampil cantik adalah dambaan setiap wanita dan salon adalah solusi praktis bagi mereka yang punya uang lebih. Namun, bagaimana jika Anda hanya memiliki uang pas-pas. Jangankan untuk pergi salon, untuk pergi ke pasar membeli kebutuhan pokok saja, masih ngutang. Nah, dalam forum kecantikan ini, saya akan mengupas cara tampil cantik namun tidak menguras keuangan Anda. Semua bisa kembali ke alam, back to nature. Alam sudah menyediakan segalanya untuk kita manfaatkan. Asal kita mau melirik apa yang ada di sekitar kita maka alam akan memberikan solusi yang terbaik. Inilah forum kecantikan yang Anda cari. Cara tampil cantik dengan cara yang unik dan antik. Cara membuat wajah berseri Setiap wanita senantiasa mendambakan wajahnya cantik dan berseri. Inilah salah resep tradisional nenek moyang yang bisa membuat wajah Anda cantik dan berseri. Ambil sebanyak mungkin bunga srigading yang sudah mekar. Kumpulkan lalu dijemur di terik matahari hingga kering. Setelah kering, simpan di topl

[cara membuat] - How to Stay Sober: 13 Tips for Your Recovery

These are 15 Images about How to Stay Sober: 13 Tips for Your Recovery How to Stay Sober: 13 Tips for Your Recovery Download Tips and trick forex reading indicators , looking for best trading Download Send us a confidential tip The Texas Tribune Download 4 super convenient and extremely convenient tips on Windows 10 you Download Tip Calculator Download Treasury Inflation-Protected Securities (TIPS) Download 215,564 Tips Stock Photos and Images - 123RF Download Computer Tips and Tricks Download 5 Must-Know Microsoft Teams Tips and Best Practices - AvePoint Blog Download Tips For Selling Print On Demand Products - Cloud Printing Solution Download Tips Tricks Icon Images, Stock Photos u0026 Vectors Shutterstock Download What is TARGET Instant Payment Settlement (TIPS)? Download 5 eCommerce tips and tricks to ensure fast growth - KnowBand Blog Download Tip of the Week: Basic IT Tips for Your Benefit - Datalyst Blog Download The New York Times Launches Anonymous Tips Page The New York D

[cara membuat] - Top 7 Study Tips For Students: Best Ways To Improve Your Grades

These are 15 Images about Top 7 Study Tips For Students: Best Ways To Improve Your Grades Top 7 Study Tips For Students: Best Ways To Improve Your Grades Download 5 eCommerce tips and tricks to ensure fast growth - KnowBand Blog Download 14 Productivity Tips From Successful Business Leaders Hive Download DOL Final Rule and Tip Pooling and Dual Jobs Rule Download Five tips for marketing your small business in 2019 Download Tip of the Week: Simple Windows 10 Tips - TaylorWorks, Inc. Blog Download Tip of the Week: Simple Windows 10 Tips - TaylorWorks, Inc. Blog Download Transitioning to Distance Learning: Three Tips for Teachers Download 5 eCommerce tips and tricks to ensure fast growth - KnowBand Blog Download Tip: Change cost with Costing u2013 PLM Group Support Center Download Send us a confidential tip The Texas Tribune Download Do I Have To Tip For Takeout? Hereu0027s When Itu0027s Okay To Skip The Download Tip of the Week: Basic IT Tips for Your Benefit - Datalyst Blog Download T