Skip to main content

[cara membuat] - Cara Membuat File PDF di HP, Cek Langkahnya di Sini kumparan.com

10 Hal yang Dapat Membuat Wawancara Kerja Anda Gagal

Kesuksesan mendapatkan panggilan wawancara kerja setelah bekerja keras melamar berbagai lowongan mungkin membuat Anda merasa sangat bahagia hingga ingin melompat. Namun belajar untuk dapat berhasil pada sesi wawancara kerja membutuhkan waktu yang tidak sebentar serta latihan yang tidak sedikit. Sangat mudah untuk terjebak dengan pertanyaan yang dilontarkan HRD hingga Anda terlihat bingung untuk menjawabnya. Ketika Anda tidak dapat menebak pertanyaan apa yang akan dilontarkan HRD, berikut adalah beberapa hal yang disarankan tidak Anda lakukan yang dapat menghancurkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.


  1. Berpakaian tidak sopan. Saat ini nampaknya masih saja ada beberapa orang yang memakai celana jeans atau celana pendek pada saat wawancara kerja. Walaupun Anda melamar ke perusahaan yang industrinya terlihat santai Anda seharusnya masih menggunakan pakaian yang formal. Berpakaian terlalu santai akan membuat Anda terlihat tidak serius untuk melamar lowongan yang tersedia.
  2. Bersikap seenaknya. Percaya atau tidak, beberapa orang masih menerima telepon pada saat wawancara kerja. Perlu Anda ketahui bahwa hal ini tidak akan membuat Anda terlihat baik di hadapan HRD.
  3. Menceritakan keburukan atasan atau perusahaan terdahulu. Pernah mendengar pepatah  ”Dunia selebar Daun Kelor”, banyak orang yang bekerja di berbagai industri dan mengenal banyak orang. Anda tidak akan pernah tahu jika mantan atasan mengenal seseorang di tempat Anda melamar. Jika Anda lakukan hal ini maka akan muncul kekhawatiran dari HRD bahwa Anda akan membicarakan keburukan mereka di masa yang akan datang dan ternyata Anda bukan pemain tim yang baik.
  4. Menunjukkan Bahasa tubuh yang mengganggu. Lakukan latihan bahasa tubuh yang baik dengan teman Anda sebelum melakukan wawancara kerja. Duduk bersandar dapat membuat Anda terlihat malas sementara duduk terlalu maju membuat Anda terlihat agresif. Cobalah untuk duduk dengan tegak, jangan silangkan lengan Anda dan berhati-hatilah dengan rasa gugup yang Anda miliki, jangan gigit kuku atau memutar-mutar rambut Anda. Perhatikan setiap kata yang disampaikan HRD hingga mereka tahu bahwa Anda tertarik dan mendengarkan, tidak ada yang lebih buruk dari mendapatkan penolakan dikarenakan Anda terlihat tidak tertarik dengan lowongan yang dibuka.
  5. Mengeluh. Walaupun Anda harus menghadapi kemacetan ataupun cuaca buruk yang melanda, coba hindari menyampaikan keluhan kepada HRD. Beberapa HRD mungkn tidak menganggap hal tersebut terlalu serius akan tetapi akan menganggap hal tersebut sebagai kesan pertama mengenai diri Anda. Jangan sampai mereka menilai Anda secara salah.
  6. Datang telat pada sesi wawancara kerja. Manajer HRD dan stafnya memiliki kesibukan tinggi, jika Anda membuang waktu mereka dikarenakan Anda telat maka Anda tidak akan meninggalkan kesan yang baik. Banyak HRD akan menolak Anda hanya dikarenakan masalah keterlambatan.
  7. Tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Hal ini merupakan satu dari beberapa keluhan yang disampaikan HRD. Banyak kandidat yang tidak mengetahui informasi mengenai perusahaan yang mengundang mereka wawancara, membuat HRD bertanya-tanya mengenai keseriusan dari kandidat tersebut. Sebuah penelitian kecil akan sangat membantu Anda, setidaknya pelajari situs, anggota dewan, dan laporan tahunan perusahaan sebelum Anda datang wawancara.
  8. Membicarakan kehidupan pribadi Anda secara berlebihan. Sudah seharusnya Anda menunjukkan pribadi dan memberikan informasi detil mengenai setiap pertanyaan yang dilontarkan, akan tetapi tidak ada yang lebih buruk dari pandangan HRD mengenai kandidat yang membicarakan hal yang tidak perlu terlalu banyak sehingga menghalangi proses wawancara yang berjalan. Coba untuk tidak menunjukkan informasi pribadi terlalu banyak kecuali memang diminta oleh HRD terkait.
  9. Tidak menanyakan cukup pertanyaan. Jika Anda tidak bertanya pada saat wawancara, HRD tidak akan menganggap Anda serius melamar ke posisi yang ditawarkan. Bertanya menunjukkan Anda telah melakukan riset mengenai perusahaan dan terkait dengan posisi yang Anda lamar.
  10.  Mengatakan hal yang tidak pantas. Ada banyak cara yang membuat perkataan Anda terlihat tidak pantas di hadapan HRD tanpa Anda sadari. Utnuk menghindari hal ini selalu perhatikan reaksi HRD jika mereka terlihat kaget dengan perkataan Anda, sebaiknya Anda segera berhenti dan meminta maaf serta coba untuk memperbaiki kesalahan Anda.
Proses mencari pekerjaan saja sudah cukup sulit tanpa membuat sesi wawancara Anda gagal. Latih kemampuan wawancara kerja Anda sebelunya dan pastikan Anda tidak melakukan kesalahan kecil ini. Semakin siap diri Anda maka smakin tinggi percaya diri yang Anda miliki dan Anda semakin dekat dengan pekerjaan baru Anda.

sumber : jobstreet.com

Popular posts from this blog

Forum Kecantikan: Membuat Ramuan Tradisional

Tampil cantik adalah dambaan setiap wanita dan salon adalah solusi praktis bagi mereka yang punya uang lebih. Namun, bagaimana jika Anda hanya memiliki uang pas-pas. Jangankan untuk pergi salon, untuk pergi ke pasar membeli kebutuhan pokok saja, masih ngutang. Nah, dalam forum kecantikan ini, saya akan mengupas cara tampil cantik namun tidak menguras keuangan Anda. Semua bisa kembali ke alam, back to nature. Alam sudah menyediakan segalanya untuk kita manfaatkan. Asal kita mau melirik apa yang ada di sekitar kita maka alam akan memberikan solusi yang terbaik. Inilah forum kecantikan yang Anda cari. Cara tampil cantik dengan cara yang unik dan antik. Cara membuat wajah berseri Setiap wanita senantiasa mendambakan wajahnya cantik dan berseri. Inilah salah resep tradisional nenek moyang yang bisa membuat wajah Anda cantik dan berseri. Ambil sebanyak mungkin bunga srigading yang sudah mekar. Kumpulkan lalu dijemur di terik matahari hingga kering. Setelah kering, simpan di topl

[cara membuat] - Top 7 Study Tips For Students: Best Ways To Improve Your Grades

These are 15 Images about Top 7 Study Tips For Students: Best Ways To Improve Your Grades Top 7 Study Tips For Students: Best Ways To Improve Your Grades Download 5 eCommerce tips and tricks to ensure fast growth - KnowBand Blog Download 14 Productivity Tips From Successful Business Leaders Hive Download DOL Final Rule and Tip Pooling and Dual Jobs Rule Download Five tips for marketing your small business in 2019 Download Tip of the Week: Simple Windows 10 Tips - TaylorWorks, Inc. Blog Download Tip of the Week: Simple Windows 10 Tips - TaylorWorks, Inc. Blog Download Transitioning to Distance Learning: Three Tips for Teachers Download 5 eCommerce tips and tricks to ensure fast growth - KnowBand Blog Download Tip: Change cost with Costing u2013 PLM Group Support Center Download Send us a confidential tip The Texas Tribune Download Do I Have To Tip For Takeout? Hereu0027s When Itu0027s Okay To Skip The Download Tip of the Week: Basic IT Tips for Your Benefit - Datalyst Blog Download T

[cara membuat] - Apple Pencil Tips - 4 pack

These are 15 Images about Apple Pencil Tips - 4 pack Apple Pencil Tips - 4 pack Download 20 Customer Service Tips Free Training Course, UK, Online Download tip - Liberal Dictionary Download Send us a confidential tip The Texas Tribune Download Linus Tech Tips - YouTube Download Tips u0026 Tricks for Metal 3D Printing Download Tip Calculator Download Teaching Innovation and Pedagogical Support Download 4 super convenient and extremely convenient tips on Windows 10 you Download Do I Have To Tip For Takeout? Hereu0027s When Itu0027s Okay To Skip The Download Our Favorite Management Tips of 2021 Download CLIP STUDIO TIPS|Sharing Creativity and Know-How Download Premium Vector Helpful tips concept in flat style Download Tips Pictures, Tips Stock Photos u0026 Images Depositphotos® Download Helpful tips concept flat style design Royalty Free Vector Download